الثلاثاء، 11 ديسمبر 2012

Essay Perdagangan Internasional

1. Jelaskan pengertian perdagangan internasional !

Perdagangan internasional adalah kegiatan ekonomi antar 2 negara atau lebih dengan tujuan saling mengtungkan karena perbedaan kebutuhan dan sumber daya alam.


2. Sebutkan 10 negara yang melakukan perdagangan internasional dengan Indonesia!

Jepang, Canada, China, Korea Selatan, Swiss, Australia
, USA, Malaysia, Singapura, India


3. Tuliskan produk impor dan ekspor Indonesia dari  beberapa negara yang berbeda!

Impor:                                                                Ekspor:
- Salmon (Jepang)                                                - Kelapa sawit (ke China, Eropa, Malaysia)
- Mobil/Motor (Jepang)                                          - Industri tekstil (ke Eropa)
- Gadget (BB, Iphone, Ipad, etc) : USA/Canada         - Barang2 furniture kayu ( ke USA/Eropa)
- Coklat (& jam (Swiss)                                            etc
- Alat perang (Rusia)
etc


4. Menurutmu, adakah manfaat perdagangan internasional  bagi suatu negara ? Sebutkan !

Menurut saya, beberapa manfaat perdagangan internasional adalah meningkatkan devisa, sama dengan halnya TKI. Karena mereka dibayar/digaji dengan mata uang asing maka makin meningkatlah devisa di Indonesia.


Yang kedua, adalah kesempatan untuk memperkenalkan produk hasil Indnoesia ke dunia internasional, tentunya dengan kualitas yang tidak kalah dengan negara luar. Karena Idonesia adalah negara yang penuh dengan budaya tentunya ini akan menjadi ciri khas tersendiri untuk Indonesia, yang bisa mnenarik erhatian masyarakat Internasional utk membeli produk Indonesia.

5. Tuliskan pengalamanmu , bisa juga dengan menanyakan pada temanmu atau siapa saja yang pernah melakukan penukaran uang dengan valas di bank atau money changer  !

Pengalaman ini ditunjukan kepada diri saya sendiri pada waktu itu saya dan kedua orang tua saya pergi ke Perancis. Di Perancis tentu saja mata uang Rupiah tidak berlaku disana, maka ayah saya menukarkan uang Rupiah ke mata uang Dollar karena mata uang Dollar juga bisa di gunakan di Perancis


6. Bedakan mengenai kurs jual dan kurs beli!

Kurs jual : Harga dimana bank menjual mata uang asing. Contoh: menukarkan Rupiah ke Dollar
Kurs beli: Harga dimana bank membeli mata uang asing. Contoh: menukarkan Dollar ke Rupiah


7. Carilah berita dari internet dan tuliskan 5 buah berita yang merupakan contoh tujuan penggunaan devisa dan sumber penerimaan devisa!


1. Obyek Pariwisata Pulau Indonesia Sumber Pendapatan Devisa

Pariwisata di Indonesia merupakan komponen penting dari perekonomian Indonesia serta sumber penting pendapatan devisa. Negara besar kepulauan itu menawarkan banyak hal, dari keindahan alam, peninggalan sejarah pada keragaman budaya.
Pada tahun 2011, jumlah wisatawan internasional ke Indonesia naik 9,24 persen menjadi 7,65 juta pendatang dari sekitar 7 juta pada tahun 2010. Lama tinggal ditetapkan sebesar 7,84 hari dengan rata-rata menghabiskan US $ 1,118.26 per kunjungan ke setiap obyek pariwisata.


2. Bali Targetkan Pendapatan Devisa Pariwisata Naik 10 Persen


Bali menargetkan pendapatan devisa sektor pariwisata pada tahun ini meningkat 10 persen dari tahun lalu. Pada tahun lalu pendapatan devisa sektor pariwisata Bali mencapai Rp. 42 triliyun, dimana 32 persen diantaranya berasal dari wisatawan mancanegara dan  sisanya dari wisatawan nusantara.


3. Cadangan devisa Indonesia bertambah

Cadangan devisa Indonesia hingga akhir November 2012 mencapai 111,29 miliar dolar AS atau naik hampir satu miliar dolar AS dari akhir bulan sebelumnya. Laporan Perkembangan Besaran Moneter Bank Indonesia (BI) yang diterima di Jakarta, Selasa, juga menyebutkan posisi uang primer per 30 November 2012 sebesar Rp647,98 triliun atau naik dibanding posisi 31 Oktober 2012 sebesar Rp648,11 triliun.

4. Hutang Indonesia Sudah Mencapai Rp. 1900 Triliun



LSM Koalisi Anti Hutang mendesak pemerintah agar membatasi pembangunan yang sumbernya berasal dari hutang luar negri. Mereka mencintihkan bahwa sejauh mana jumlah cicilan pokok dan biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar hutang-hutang tersebut.


 5. Indonesia Mendapatkan Devisa dari Pameran Pariwisata. 
Indonesia mendapatkan devisa sebesar 4,1 juta trilian rupiah dari acara pameran wisata terbesar di dunia yang berlangsung di Berlin, Jerman. Jumlah itu mengalami kenaikan, dimana tahun lalu RI hanya mendapatkan 780.359 wisman dengan total devisa negara sejumlah 1 trilliun rupiah.

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق